26 September 2022

mtsn 2 bantul

Bantul (MTsN 2 Bantul) – MGMP Bahasa Inggris MTs Kabupaten Bantul pada awal tahun 2022 Selasa, (18/1) mengadakan pertemuan perdana. Pertemuan ini dilaksanakan di MTs Negeri 6 Bantul. Agenda pertemuan adalah Bedah KI dan KD Bahasa Inggris. Bertindak sebagai narasumber adalah guru Bahasa Inggris MTsN 1 Yogyakarta, Ruslina Tri Astuti, M.Pd. Sebanyak  3 guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul yaitu, Dra. Agustina Suhartati, Sumartini, S.Pd., dan Susanti, S.Pd ikut serta dalam kegiatan tersebut. Hadir juga dalam pertemuan ini 34  guru bahasa Inggris MTs Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Bantul. Sungguh partisipasi yang luar biasa dari guru-guru bahasa Inggris MTs dalam menyukseskan pertemuan MGMP kali ini.

Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah, S.Ag, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di kampus MTsN 6 Bantul setelah selama setahun lebih tidak mengadakan pertemuan. Mafrudah sangat mendukung  dan apresiasi pada kegiatan MGMP tersebut. Beliau berharap kegiatan seperti ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang akan disampaikan oleh narasumber, apalagi  materi akan disampaikan oleh Ibu Ruslina yang sudah sangat paham terkait KI dan KD sekaligus penulis soal yang handal. Semoga kualitas pembelajaran bapak/ibu guru bahasa Inggris di kelas juga akan semakin baik setelah mendapatkan pencerahan dari narasumber”, imbuhnya.

Ruslina Tri Astuti, M.Pd selaku narasumber dalam pemaparannya menyampaikan bedah KI (Kompetensi Inti) dan KD (Kompetensi Dasar) secara lugas, lengkap, dan sangat jelas. Ruslina menyampaikan bahwa dalam kurikulum 2013 revisi terakhir tahun 2018, perubahan terjadi pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian. Adapun KI (Core Competence) terdiri dari 4 yaitu KI 1 (Spiritual Values), KI 2 (Social Values), KI 3 (Knowledge) dan KI 4 (Skill). KI 3 (Knowledge) meliputi 3 elements yaitu fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan. Sedangkan KD 3 pengetahuan untuk kelas 7,8,9 sebetulnya hanya berisi 4 kompetensi mengidentifikasi, menerapkan, membandingkan dan menafsirkan. Untuk KD 4 keterampilan hanya terdiri 2 kompetensi yaitu menyusun dan menangkap makna. Terkait materi Bahasa Inggris mulai dari kelas 7,8,9 meliputi interpersonal, transactional, functional texts dan genre texts. Di akhir pemaparannya Ruslina mengajak para guru Bahasa Inggris MTs kabupaten Bantul untuk menjadi guru yang lebih baik lagi, jangan sampai membuat dosa jariyah apalagi dlolim pada anak didik kita”, imbuhnya. Semoga guru-guru Bahasa Inggris MTsN 2 Bantul khususnya dan guru Bahasa Inggris MTs kabupaten Bantul umumnya bisa menjadi guru yang lebih baik lagi seperti harapan kita semua. (Agt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.