17 Mei 2022
Semarakkan HAB Kemenag ke-76 RI, MTsN 2 Bantul Bagikan Santunan Dana ZIS
Kepala MTsN 2 Bantul serahkan bantuan dana ZIS simbolis untuk warga sekitar madrasah. (dok:Eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Dana Zakat Infaq shadaqah atau yang lebih sering disebut dengan istilah ZIS merupakan dana yang sengaja dikumpulkan untuk keperluan aksi sosial. MTsN 2 Bantul termasuk salah satu lembaga yang mengakomodir pengumpulan dana ZIS ini khusus dari para ASN MTsN 2 Bantul.

Banyak kegiatan kemanusiaan dan sosial bisa tercover dari dana ini. Salah satunya kegiatan bakti sosial yang dilakukan oleh MTsN 2 Bantul untuk warga sekitar madrasah yang bertepatan dengan peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-76. Bakti sosial dilakukan secara sederhana pada Senin (3/1) pada saat upacara peringatan HAB Kemenag ke-76 RI.

Ada kurang lebih 30 orang yang terpilih sebagai penerima santunan dana ZIS pada tahun ini. Ke-30 orang ini merupakan warga sekitar madrasah dan wali siswa yang dipandang kurang mampu dan perlu diberi santunan. Ada 4 orang yang secara khusus dihadirkan ke madrasah untuk menerima secara langsung santunan ZIS tersebut di madrasah. Mereka adalah warga dan wali siswa yang terdekat jarak tempuh rumahnya dengan madrasah. Sisanya bisa diambil oleh yang bersangkutan secara fleksibel dengan menemui petugas ZIS madrasah.

Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman, S.Ag. secara khusus memberikan santunan dana ZIS tersebut kepada keempat penerima yang diundang. Para penerima santunan ini tidak diminta mengikuti upacara secara keseluruhan. Mereka baru diperkenalkan berdiri dan maju ke depan pada saat penyerahan santunan ini saja.

“Alhamdulillah semua penerima ZIS saat ini telah mengambil santunan tersebut ke madrasah dan kami sudah mendapatkan tanda tangan bukti pengambilan untuk pelaporan,” ungkap Nurhayati, S.Ag. selaku petugas ZIS madrasah.

Petugas ZIS madrasah yang lain, Ahmad Farid Mustofa, M.SI. pun berharap semoga pengumpulan dana ZIS madrasah ini dapat terus dilakukan. Selain sebagai ladang pahala bagi bapak ibu ASN MTsN 2 Bantul, juga semoga dapat menebar manfaat untuk masyarakat sekitar, dan seluruh stakeholder madrasah. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.