16 Mei 2022
Tim Riset Siswa MTsN 2 Bantul Satu-Satunya MTs yang Lolos FInal NASFIA 2021
Flyer Ucapan Kemenangan NASFIA 30 Besar Tim Riset MTsN 2 Bantul. (dok:yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Tim riset MTsN 2 Bantul terus menggeliat. Hal ini senada dengan himbauan dari Kementerian Agama Republik Indonesia, bahwa madrasah yang telah mendapatkan SK sebagai madrasah riset harus sering mengaktualisasi diri dan berkompetisi dalam bidang riset. Kebiasaan riset ini yang nantinya dipandang mampu untuk meningkatkan daya pikir siswa dalam pembelajaran. Berbagai kompetisi bergengsi tingkat nasional maupun tinggal Internasional.

Setelah berhasil memboyong medali emas dan perak dalam ajang IE12C 2021 dan medali perak-perunggu dalam ajang ISIF 2021, kini tim riset siswa berhasil lolos 30 besar dalam ajang NASFIA (NATIONAL SCIENCE FAIR FOR INDONESIAN ADOLESCENTS) 2021. Ajang ini diselenggarakan oleh ISS (Indonesia Scientific Society) di kalangan pelajar se-Indonesia sebagai wadah untuk terus berkarya dan berinovasi dalam dunia penelitian di samping juga untuk menjaring peserta dari Indonesia untuk diikutkan dalam kompetisi ilmiah international.

Dalam ajang NASFIA ini, MTsN 2 Bantul mengirimkan 2 tim, akan tetapi yang lolos hanya satu tim saja yaitu Belva Alif Putra Widyanta dan Khirzin Bojja Al Bana yang mengangkat karya penelitian yang berjudul “Dolan Yuk : Aplikasi Manajemen Pariwisata Nusantara Berbasis Website Guna Meningkatkan Pariwisata Indonesia Pasca Pandemi Covid-19”, Mereka dinyatakan lolos 30 besar se-Indonesia dan menjadi satu-satunya MTs yang lolos. Selain MTsN 2 Bantul, setingkat SMP ada 1, dan 28 lainnya adalah tingkat SMA/MA.

“Belva dan Bojja, Duet maut duo B yang smart dan energik. Alhamdulillah mereka lolos 30 besar, dan tanggal 13 November ini harus melakukan Uji Publik atau presentasi karya di hadapan juri. Baru nanti tanggal 17-19 penjurian dan tanggal 21 baru pengumuman. Mohon doa dan dukungan selalu dari seluruh stakeholder MTsN 2 Bantul agar tim riset kita.” Ungkap Tugiyo, S. Ag. selaku koordinator pelatihan riset siswa MTsN 2 Bantul. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.