17 Mei 2022
Guru MTsN 2 Bantul Menjadi Pemateri dalam Program Gebrakan PPIB TV Nasional 2021
Screenshoot Tayangan Live Record Materi Program Gebrakan PPIB TV dari guru MTsN 2 Bantul. (dok: yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Pandemi Covid-19 telah berdampak pada lahirnya berbagai budaya baru dalam dunia pendidikan. Bukan saja pada sistem pembelajaran tetapi juga terhadap forum-forum ilmiah pendidikan. Di era pandemi Covid-19 ini lahir pulalah organisasi-organisasi profesi baru secara virtual yang didirikan untuk menampung para guru khususnya dalam menimba ilmu untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya, baik pembelajaran online maupun offline.

Salah satu organisasi profesi tersebut adalah PPIB (Perkumpulan Pendidik Insan Bangsa) yang berdiri pada tanggal 7 Agustus 2020. Meski baru satu tahun berdiri, perkembangan dari PPIB ini sudah semakin pesat. Organisasi guru ini telah mengantongi Akta Notaris M. Rizki Febrian, SH No. 25 Tertanggal 7 Agustus 2020 berkedudukan di Kabupaten Bandung Barat dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasai Manusia RI Nomor AHU-0007060. AH.01.07 tahun 2020 sebagai sebuah perkumpulan.

Adapun dasar dari pembentukan organisasi PPIB ini adalah dari UU Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005 bagian kesembilan tentang Organisasi Profesi dan Kode Etik Pasal 41 menjelaskan tentang: guru membentuk organisasi profesi yang bersifat independen; organisasi profesi sebagaimana dimaksud berfungsi untuk memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karier, wawasan kependidikan, perlindungan profesi, kesejahteraan, dan pengabdian kepada masyarakat; guru wajib menjadi anggota organisasi profesi; pembentukan organisasi profesi dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan; dan pemerintah dan/atau pemerintah daerah dapat memfasilitasi organisasi profesi guru dalam pelaksanaan pembinaan dan pengembangan profesi guru.

MTsN 2 Bantul merupakan salah satu madrasah yang membebaskan para gurunya untuk mengembangkan diri melalui berbagai forum dan organisasi yang dapat berimbas positif bagi kualitas pendidikan di madrasah. Hal inilah yang mendorong Yulian Istiqomah, S..Pd., guru Bahasa Indonesia dan Riset, sekaligus menjabat sebagai Staff Waka Humas, Pembina OSIS, koordinator tim literasi, bertekad untuk bergabung dengan PPIB dan merintis organisasi ini bersama-sama dengan guru dari provinsi lain untuk berkarya berbagi dan mengabdi. Background tugas tambahan di madrasah yang saat ini ditugaskan kepadanya membuatnya mendapatkan posisi sebagai Sekretaris bidang penulisan dan penerbitan dalam jajaran pengurus pusat PPIB.

Selain bisa diakses melalui website www.ppib.or.id, rekaman kegiatan PPIB juga bisa dilihat melalui channel YouTube PPIB TV. Keterbatasan jarak dan waktu membuat keberadaan channel PPIB TV ini menjadi begitu penting. Sebab segala kegiatan forum ilmiah, kini diadakan secara live streaming YouTube atau secara Live Record di PPIB TV. Program Gebrakan PPIB TV yang merangkul para narasumber dari berbagai daerah dengan latar belakang jabatan dan bidang membuat kajian-kajian ilmiah dalam program ini menarik untuk diikuti. Banyak ilmu yang bisa diserap dan diterapkan untuk meningkatkan kompetens diri. Salah satunya materi tentang Teknik Pengayaan TUPO NIKAH yang disampaikan oleh Yulian Istiqomah ini. Sebuah teknik penilaian pengayaan yang dapat diterapkan pula untuk seluruh mapel dan diyakini dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Tayangan materi ini dilihat sebanyak 176x dan mendapatkan like sebanyak 36 like.

“Saya kebetulan diminta untuk mengisi acara Gebrakan PPIB TV. Hal ini saya niatkan untuk berbagi pengalaman dan sekaligus mengangkat nama Almamater MTsN 2 Bantul tercinta. Yang tadinya pada tidak tahu ada MTsN 2 Bantul, paling tidak kini pemirsa PPIB TV pernah membaca nama MTsN 2 Bantul. Mohon dukungan untuk like, share, komentar, dan subscribe, agar madrasah kita lebih membahana lagi.” Ungkap Yulian Istiqomah ditujukan kepada seluruh stakeholder madrasah. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.