26 September 2022
Kepala dan Guru MTsN 2 Bantul Peroleh Medali Emas dalam IRTC 2021
Flyer ucapan kejuaraan IRTC Kepala dan Guru MTsN 2 Bantul. (dok:yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul). Awal bulan November menjadi awal yang membahagiakan bagi MTsN 2 Bantul, pasalnya Kepala Madrasah dan Guru MTsN 2 Bantul berhasil boyong medali emas dalam ajang lomba riset internasional yang diberi nama International Research Teachers Competition (IRTC). Ajang perlombaan ini diselenggarakan oleh IYSA (The Indonesian Young Scientist Association) dan i3L (the Indonesia International Institute for Life Sciences), Asosiasi Ilmuwan Muda Indonesia bekerjasama dengan Institut Ilmu Hayati Internasional Indonesia.

Sebagai salah satu madrasah riset MTsN 2 Bantul berusaha meningkatkan kompetensi siswa maupun guru dalam bidang riset dan teknologi agar mampu beradaptasi dan bersaing di era industri 5.0 yang saat ini mulai menggeliat. Tak hanya itu, dengan meningkatnya kompetensi di bidang rist, diharapkan mampu mendongkrak semangat belajar dan kebiasaan berpikir kritis dari siswa sehingga menguasai keterampilan abad 21 yang dibutuhkan dalam kehidupan mereka di masa yang akan datang.

Dalam ajang ini, Musa Surahman, S.Ag. dan Dra. Agustina Suhartati mengusung jenis penelitian tindakan kelas yang diber judul “Increasing Strudent’s Motivation In Memorizing Arabic Vocabularies With Vocabulary Rainbow Card” sebuah metode yang efektif diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Arab. Kesempurnaan karya tulis ilmiah yang dihasilkan dan kecakapan berbahasa Inggris yang dimiliki oleh keduanya menjadikan mereka berhasil mengantongi Gold Medal dalam ajang bergengsi ini.

“Sebenarnya kemarin kompetisi tidak begitu rumit. Kita hanya mengirimkan Karya Penelitian dalam bahasa Inggris dan mempresentasikan karya kita dalam bahasa Inggris pula, kemudian menunggu hasilnya. Alhamdulillah Gold. Semoga tahun depan lebih banyak guru MTsN 2 Bantul yang juga turut berpartisipasi dalam ajang ini,”Ungkap Musa Surahman, Kepala MTsN 2 Bantul kepada tim humas.

Di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta perolehan Medali Emas dalam ajang IRTC 2021 ini menjadi satu-satunya. Hal inilah yang membuat Kanwil Kemenag DIY dan Kemenag Kabupaten Bantul turut mengappresiasi perolehan ini. Tentu saja hal ini adalah kebanggan bagi seluruh stakeholder MTsN 2 Bantul. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.