25 September 2022
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW & Hari Santri Nasional Serta Pentasyarufan ZIS di MTsN 2 Bantul
entasyarufan ZIS secara simbolis diberikan oleh Kepala Madrasah kepada siswa yang hadir di Madrasah. (dok:sti)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Maulid Nabi merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW yang perayaannya jatuh setiap tanggal 12 Robiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Peringatan Maulid Nabi penting untuk selalu kita hidupkan supaya kita mengerti dan meneladani kepribadian Rasulullah. Untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 19 Oktober, MTsN 2 Bantul membuat 3 acara yang dikemas menjadi 1 : Peringatan Nabi Muhammad SAW & Hari Santri Nasional, Serta Pentasyarufan ZIS.

Peringatan Nabi Muhammad SAW & Hari Santri Nasional, Serta Pentasyarufan ZIS dibuka dengan bacaan basmallah bersama, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Madrasah. Dalam sambutannya, Musa Surahman selaku Kepala Madrasah, menyampaikan mengenai kebiasaan-kebiasaan Rasulullah yang patut kita teladani. Beliau juga menyampaikan tentang sejarah Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 November 2021, “Pada tanggal 22 Oktober 1945 pahlawan nasional kita menyerukan resolusi jihad melawan  kolonialisme Belanda dan Inggris. Pasukan Sekutu datang lagi ke Indonesia setelah diproklamirkan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, kemudian para Santri bergerak bersama masyarakat untuk melawan penjajah”, ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan sholawat Albarzanji dan doa yang dipandu oleh Isnan Rosyid dan Eni Munawaroh, diikuti oleh seluruh peserta yang hadir di Mushola Radhiul ‘Ulum dan diteruskan dengan pembacaan puisi oleh Siti Rofiqoh. Kemudian, pentasyarufan ZIS dipandu oleh Ahmad Daris Mustofa. Pentasyarufan ZIS bulan Januari hingga Juni 2021 dari Baznas berjumlah Rp 29.786.398 dibagikan kepada 219 fakir miskin, yatim piatu, 1 mualaf, 10 fisabilillah, 151 siswa, 5 masyarakat sekitar dan 63 masyarakat ASN. Ahmad Daris Mustofa menambahkan catatan bahwa 9 siswa  pensyarufannya bersumber dari santunan Dharma Wanita Kemenag Bantul.

Sebelum acara ditutup, Tugiyo selaku Waka Kesiswaan menyerahkan trophy dan reward kepada 3 siswa MTsN 2 Bantul yang telah memenangkan Juara II Lomba Geguritan Gema Simpati OSIS SMAN 1 Imogiri, dan Juara II Ajang Selekta Pencaksilat Popda Tahun 2022 Kabupaten Bantul. “Semoga pada kesempatan berikutnya, banyak lagi siswa-siswi MTsN 2 Bantul yang berprestasi dan mengharumkan Madrasah ini”, ucap Tugiyo mengungkapkan harapannya. Selanjutnya, acara ditutup dengan bacaan hamdallah bersama. Semoga acara ini dapat menambah kecintaan kita kepada Rasulullah SAW dan memberikan syafaat serta keberkahan untuk seluruh warga MTsN 2 Bantul. (nfa)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.