25 September 2022
Semaan Al-Quran Perdana di MTsN 2 Bantul
Siswa MTsN 2 Bantul sedang mengikuti semaan Al quran di Mushola Raudhatul ‘Ulum. (dok:sti)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Semaan Al quran adalah tradisi membaca , menyimak dan mendengarkan pembacaan Al quran. Sabtu (2/10), MTsN 2 Bantul mengadakan acara semaan Al quran perdana di Mushola Raudhatul ‘Ulum. Acara ini dihadiri oleh Kepala Madrasah, Ka TU, guru, staf, dan beberapa perwakilan siswa. Acara yang juga disiarkan melalui chanel Youtube MTsN 2 Bantul ini wajib diikuti oleh seluruh siswa dan akan rutin diadakan setiap bulan di MTsN 2 Bantul.

Semaan Al quran perdana dipandu oleh  Eni Munawaroh. Pembukaan acara dimulai dengan membaca Al fatehah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Madrasah MTsN 2 Bantul. Dalam sambutannya, Musa Surahman mengatakan harapannya supaya anak-anak dekat dengan Al-quran karena banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa anak-anak yang rajin mengaji memiliki otak yang lebih cerdas. “Kegiatan ini adalah salah satu realisasi dari program yang sudah disosialisasikan, yaitu program tahfidz yang kita sebut dengan sutil hama (subuh tilawah, hafalan maghrib), jumur (jumat murojaah) dan tutor (sabtu setoran)”, ucap Musa Surahman. “Target hafalan sudah ditulis di kurikulum sebagai kriteria kenaikan kelas. Semua program tahfidz sudah terjadwal dan tersistem supaya siswa dapat mencapai target hafalan”, lanjutnya.

Semaan Al quran dibaca oleh lima perwakilan siswa MTsN 2 Bantul dan dilanjutkan dengan khotmil Quran oleh Isnan Rosyid. Acara ini ditutup dengan bacaan hamdallah. Semoga dengan membaca Al quran akan memberkahi seluruh civitas akademika MTsN 2 Bantul serta meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.