25 September 2022
Siswa MTsN 2 Bantul Aktif Mengikuti Lomba Literasi
Siti Aisyah, salah satu peserta lomba bidang puisi, sedang melakukan pengambilan video di MTsN 2 Bantul. (dok:nfa)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Gema Simpati merupakan kegiatan lomba eksternal yang diadakan oleh SMAN 1 Imogiri. Dalam kegiatan ini, ada beberapa kategori lomba untuk tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Bantul, antara lain: Bidang Cekrak, Bidang Geguritan, Bidang Pidato, Bidang Vokal Solo, dan Bidang Puisi. Pendaftaran lomba dibuka dari tanggal 17-22 Agustus 2021. Untuk mengikuti perlombaan ini, peserta mendaftarkan diri melalui link yang telah disediakan panitia. Setelah terdaftar, peserta akan tergabung dalam grup whattsapp agar dapat melakukan technical meeting mengenai juknis-juknis lomba dan sesi tanya jawab secara daring. Pengumpulan karya dan pelaksanaan lomba dilakukan pada tanggal 31 Agustus hingga 13 September 2021. Karya akan dikumpulkan dalam bentuk video yang diupload melalui akun youtube pribadi/milik sekolah melalui link yang telah disediakan panitia.

MTsN 2 Bantul turut berpartisipasi dalam perlombaan ini, beberapa siswa perwakilan kelas VII hingga IX telah mendaftar dan mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba Gema Simpati. Lomba bidang geguritan diikuti oleh Alifa Aulia Az-Zahra, Novita Alif Farenta,dan Az-zahra Khairun Nisa dibawah bimbingan Purwito Aji, S.Pd. Lomba bidang pidato diikuti oleh Sherly Nirmala Putri dan Az Zahra Sekar Hapsari dibawah bimbingan Adhitya Arie Wibowo, S.S. Lomba vokal solo diikuti oleh Egiska Zuvixe, Maulina Nur Salma, Maulani Charlie, dan Sheldnadia Wening Prahabsti dibawah bimbingan Joko Pamungkas. Lomba bidang puisi diikuti oleh Siti Aisyah dan Irsyad Javier dibawah bimbingan Nur Faiqoh, S.S.

Setiap hari siswa berlatih, baik di rumah maupun di Madrasah, dengan dampingan masing-masing pembimbing. Kamis (09/09/2021), peserta lomba bidang puisi telah melakukan pengambilan video di ruang perpustakaan Raudhatul ‘Ulum MTsN 2 Bantul. “Siti Aisyah dan Irsyad telah berlatih dan melakukan pengambilan video berulang kali di Madrasah hingga mendapatkan hasil yang dirasa cukup baik. Alhamdulillah, selalu ada progress dalam setiap latihan dan pengambilan video”, ungkap Nur Faiqoh, selaku pendamping lomba bidang puisi. “Ada 4 aspek yang dinilai dalam bidang lomba puisi. Pertama: penafsiran atau pemahaman isi puisi. Kedua: penghayatan, yaitu ketepatan emosi, daya konsentrasi dan ekspresi. Ketiga: vokal, meliputi kejelasan artikulasi, penguasaan tempo, dinamika, dan ritme membaca. Keempat: penampilan, yaitu totalitas dan keutuhan penampilan”, lanjutnya. Semoga dengan aktif mengikuti berbagai perlombaan dapat meningkatkan aktualisasi diri dan menumbuhkan jiwa kompetisi siswa MTsN 2 Bantul. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.