25 September 2022

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Aksara Jawa merupakan salah satu warisan kebudayaan yang wajib dijaga dan dilestarikan. Menguasai aksara Jawa sangat penting untuk mempelajari naskah-naskah kuno terkait sejarah. Hal itulah yang melatarbelakangi  Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul mengadakan Lomba Alih Aksara Jawa yang diikuti oleh siswa-siswi SMP/MTs se-Kabupaten Bantul sebagai usaha pelestarian bahasa dan sastra Jawa di lingkup pendidikan usia SMP/MTs.

Lomba Alih Aksara Jawa berlangsung pada hari Kamis (26/08) bertempat di SMPN 1 Bantul. Acara ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat, didukung oleh paksikaton (Tim Pengamanan Keraton) dan satgas covid.
Lomba Alih Aksara Jawa diikuti sekitar 50 peserta dari berbagai SMP dan MTs di Bantul, diantaranya Alifa Aulia Az Zahra dan Novita Alif Farenta, siswi kelas 8 perwakilan dari MTsN 2 Bantul dibawah bimbingan Purwito Aji, S. Pd.

“Lomba ini rutin diadakan setahun sekali dan MTs kita selalu ikut berpartisipasi menjadi bagian dari lomba”, ungkap Purwito Aji, S. Pd. “Pandemi tidak menjadi penghalang untuk tetap belajar dan berusaha, 2 siswi yang menjadi peserta lomba telah saya bimbing dengan maksimal. Kalah dan menang merupakan hal yang biasa, kemenangan sejati adalah ketika kita melawan rasa takut untuk berkompetisi”, lanjutnya. Semoga dengan ikut aktif dalam berbagai kegiatan lomba akan  akan melatih dan membentuk karakter siswa MTsN 2 Bantul. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.