26 September 2022
Sambutan Kasi Dikmad Kementerian Agama Kabupaten Bantul. (dok:lut)

Bantul (MTsN 2 Bantul)-Pada Sabtu (5/6) lalu, MTsN 2 Bantul menyelenggarakan kegiatan Review dan Workshop Penyusunan KTSP Tahun Pelajaran 2021-2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mempersiapkan dokumen KTSP guna menyambut tahun baru pelajaran 2021-2022. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sie Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Bantul, Jauhar Mukhlis Salistyanta, dan pengawas Kemenag Kabupaten Bantul, Ening Yuni Soleh Astuti.

Dalam sambutannya, Kasi Dikmad Kementerian Agama Kabupaten Bantul, Jauhar Mukhlis Salistyanta, mengapresiasi bahwa penyelenggaraan kegiatan Review dan Workshop Penyusunan KTSP MTsN 2 Bantul ini termasuk yang pertama dibandingkan madrasah negeri lainnya. Hal ini tentu saja sangat baik, sebab mulai tahun ajaran baru dokumen KTSP tersebut harus sudah siap.

Apalagi menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pada tahun pelajaran baru 2021-2022 kelak, sudah dimulai Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dan harus dipersiapkan dengan sebenar-benarnya, sehingga madrasah sudah siap.

Di samping itu, Jauhar menyampaikan bahwa emis sudah diperbaiki sehingga mudah-mudahan dapat mendukung madrasah untuk bisa menuju digitalisasi data. Kemudian yang turut menjadi perhatian utama dari seluruh stakeholder MTsN 2 Bantul adalah terkait peningkatan kualitas dan prestasi madrasah.

Terkait dengan penyusunan KTSP, Jauhar menyampaikan beberapa hal yang perlu dipedomani, diantara adalah ketentuan perundang-undangan dalam penyusunan KTSP, mekanisme secara tertib dilakukan, dan keterlibatan stakeholder secara lengkap. Dukungan komite, tokoh-tokoh masyarakat, dan wali siswa sangat diperlukan oleh madrasah.

“Sebagai madrasah riset dan Tahfidz, dokumen KTSP MTsN 2 Bantul harus mencakup semua program terkait dengan kedua hal tersebut. MTsN 2 Bantul juga harus mampu menyusun KTSP reguler dan KTSP darurat yang disusun secara operating, sistematis, dan implementatif. Demi menuju madrasah hebat berkelas dunia,” ungkap Jauhar Mukhlis Salistyanta kepada seluruh peserta review dan workshop penyusunan KTSP. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.