26 September 2022
Tari Batik Ayu Persembahan Siswa MTsN 2 Bantul. (dok:yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Beragam budaya dari berbagai daerah menjadikan Indonesia lebih berwarna. Oleh karena itu, memupuk rasa cinta terhadap budaya bangsa itu perlu diupayakan. Diantaranya dengan menyelenggarakan pagelaran seni dan mempelajari seni.

Dalam lingkungan madrasah, untuk memupuk rasa cinta terhadap budaya bangsa, salah satunya bisa dilakukan dengan menyediakan sarana prasarana dan wadah atau panggung ekspresi yang tepat untuk para siswa. Hal ini juga dilakukan saat peringatan Hari Lahir ke-53 MTsN 2 Bantul. Madrasah menyelenggarakan acara Harlah, Wisuda Tahfidz, dan pentas seni yang dikemas dengan cukup efektif dan efisien. Siswa yang berminat untuk tampil dipersilahkan mengisi kesenian di sela-sela acara inti.

Cintai Budaya Indonesia, Siswa MTsN 2 Bantul Persembahkan Tari Batik Ayu

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Anggi dan Nada. Kedua siswa kelas IX ini hanya memiliki waktu satu hari untuk mempersiapkan sebuah tarian yang berjudul ‘Tari Batik Ayu’. Tarian cantik yang sarat akan budaya batik Indonesia ini telah lama mereka pelajari sebelumnya. Begitu Ujian ASPD telah mereka lalui, mereka memutuskan untuk bergabung dalam acara pentas seni Harlah ke-53 MTsN 2 Bantul tersebut.

Di bawah arahan dan bimbingan dari guru Seni Budaya MTsN 2 Bantul, Yustini Arti, mereka akhirnya memperoleh kostum yang cocok dalam waktu singkat. Pantang menyerah, mereka pun latihan dengan semangat di rumah untuk memadukan gerakan agar harmonis hingga hampir tengah malam.

Rasa kantuk tak menjadi kendala bagi mereka untuk berangkat pagi ke madrasah untuk persiapan make up dan dandan dengan kostum yang telah mereka dapatkan. Tepat pukul 09.20 Anggi dan Nada tampil cantik dan gemulai dalam Tarian Batik Ayu yang berhasil memikat para penonton yang hadir secara Kuring maupun live streaming Channel YouTube MTsN 2 Bantul di rumah.

“Selamat untuk MTsN 2 Bantul. Saya kagum dengan siswa MTsN 2 Bantul yang begitu luwes dan apik dalam menarikan Tari Batik Ayu,” komentar seorang guru dari madrasah lain melalui chat ketika menyaksikan acara melalui live streaming. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.