16 Mei 2022
Suasana Lab 1 pada sebuah sesi pelaksanaan ASPD di MTsN 2 Bantul. (dok:eni)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Seperti kita ketahui, Ujian Nasional telah dihapus sejak tahun 2020. Hal itu menyebabkan tidak ada standar pemetaan mutu pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdasarkan kondisi tersebut, Dinas Pendidikan DIY menggagas pelaksanaan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) bersama Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Mata pelajaran yang diujikan pada ASPD terdiri atas 4 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). ASPD yang diselenggarakan dari tanggal 5 hingga 8 April 2021 ini dilaksanakan dengan berbasis komputer.

Pelaksanaan ASPD di MTsN 2 Bantul dilakukan secara tatap muka dengan dibagi menjadi 3 sesi dan dibagi dalam 2 ruangan yang berbeda. Pelaksanaan ASPD secara tatap muka ini telah dipersiapkan secara matang oleh Tim ASPD MTsN 2 Bantul dengan menerapkan protokol kesehatan pandemi covid-19 secara ketat.

“ASPD telah berakhir pada hari Kamis (8/4/21) dan berjalan dengan lancar, seluruh siswa dapat hadir dan tidak ada kendala teknis yang berarti,” ungkap Nurhadi selaku Tim ASPD MTsN 2 Bantul. “Besar harapan kami kepada anak didik supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” lanjutnya. (nfa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.