26 September 2022
MTsN 2 Bantul gelar wisuda tahfidz dalam puncak Harlah ke-53. (Dok: lut)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Bagi sebuah instansi, Hari Lahir (harlah) atau hari amal bakti merupakan kegiatan tahunan yang wajib diselenggarakan. Bukan hanya sekedar bersenang-senang, tetapi yang utama adalah untuk mengingat perjuangan dari para GTK yang dulu telah berjuang untuk mendirikan instansi tersebut menjadi seperti sekarang ini.

Harlah MTsN 2 Bantul atau yang dulu bernama MTsN Sumberagung diperingati setiap tanggal 31 Januari. Tanggal tersebut sesuai dengan tanggal ditetapkannya sebagai madrasah negeri. Saat ini MTsN 2 Bantul berusia 53 tahun. Usia yang sudah tidak muda lagi. Sebagai lembaga yang sudah lama berdiri, MTsN 2 Bantul perlu berintrospeksi.

Acara tersebut diawali dengan pembukaan oleh MC Yulian Istiqomah dan Agus Purnomo. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Putri Nur’aini. Kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Yustini Arti, serta pelafalan Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama oleh Aditya Arie Wibowo. Acara inti dimulai dengan terlebih dahulu dilakukan prosesi wisuda tahfidz Al Qur’an yang dipandu oleh Eni Munawaroh.

Mengawali acara sambutan, Musa Surahman menyampaikan sambutan sebagai kepala madrasah sekaligus panitia. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kanwil Kemenag DIY, Edi Gunawan, sekaligus melaunching brand Perpustakaan MTsN 2 Bantul. Acara dilanjutkan dengan Launching buku antologi artikel GTK, oleh Kepala Kemenag Kabupaten Bantul, Aidi Johansyah, dan launching buku antologi puisi siswa, oleh pengawas madrasah, Ening Yuni Soleh Astuti.

Tak hanya itu saja, acara juga masih berlanjut dengan sambutan Kepala Kemenag Kabupaten Bantul, Aidi Johansyah, yang kemudian sekaligus menyerahkan hadiah kejuaraan Lomba Kompetisi Sains Seni dan Agama 2021 yang diselenggarakan oleh MTsN 2 Bantul untuk siswa SD/MI di wilayah kabupaten Bantul. Pada pukul 11.00 acara dilanjutkan dengan doa dan penutup.

Selama acara tersebut berlangsung juga dimeriahkan oleh tampilan seni dari siswa MTsN 2 Bantul, seperti Kesenian Hadroh oleh Renata dkk, Tari Batik Ayu oleh Anggi dan Nada, dan lagu-lagu Islami oleh Egiska. Acara dihadiri oleh kurang lebih 95 orang yang terdiri dari guru pegawai MTsN 2 Bantul, Kepala Kanwil Kemenag DIY, Kepala, Kasi Dikmad, dan pengawas Kemenag Kabupaten Bantul, Siswa Juara I KSSA, ketua dan wakil POT, ketua dan wakil Komite, para wisudawan, dan siswa pengisi acara. Seluruh rangkaian acara tersebut juga dapat disaksikan secara live streaming melalui channel YouTube ‘MTsN 2 Bantul’.

“Acara Harlah ke-53 MTsN 2 Bantul ini telah dikemas cantik dan menarik sehingga membuat saya mengikuti acara dari awal hingga selesai,” komentar Edi Gunawan, kepala Kanwil Kemenag DIY melalui sebuah chat WhatsApp. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.