16 Mei 2022

Bapak Supangat berikan tausiah pada perayaan Hati Isra’ Mi’raj. (dok: yis)
Bantul (MTsN 2 Bantul)– Peringatan Hari Isra’Mi’raj MTsN 2 Bantul pada tahun 2021 ini tidak bisa dilaksanakan tepat pada 27 Rajab. Hal ini disebabkan pada tanggal tersebut 27 Rajab atau 11 Maret 2021 adalah libur nasional. Acara kemudian diselenggarakan pada Sabtu (13/3) secara daring. Kondisi pandemi covid-19 yang belum jua mereda membuat pemerintah setempat belum memberikan ijin untuk melaksanakan kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa.

Secara daring, yaitu melalui live streaming Channel YouTube MTsN 2 Bantul, akhirnya peringatan Hari Isra’Mi’raj tersebut diselenggarakan. Kegiatan tersebut dilakukan selain sebagai sarana promosi juga sebagai media pembelajaran bagi siswa MTsN 2 Bantul dan sekitarnya. Tidak hanya mendapatkan ilmu tentang rukun dan bacaan sholat yang benar, para siswa yang menyimak live streaming tersebut juga mendapat booster semangat untuk lebih giat beribadah.

H. Supangat, M.Pd.I. memberikan materi tausyiah dengan begitu jelas dan nyata. Ia menjelaskan tentang 5 hal yang menyebabkan seseorang menjadi pribadi yang tidak Sholih. Yang pertama Qona’ah bil jahli, yaitu orang yang bangga dengan kebodohannya, atau merasa nyaman dalam kebodohannya. Yang kedua orang yang semangat mengejar dunia dan mengabaikan untuk meraih ridho Allah SWT. Keempat orang yang Bakhil atau pelit. Orang tersebut enggan atau tidak mau bersedekah. Sedekah yang baik adalah sedekah yang meskipun sedikit-sedikit tetapi dilakukan secara rutin. Keempat orang yang riya’ atau sombong dalam beramal. Menampakkan amalnya dengan niat sombong. Terakhir merasa kagum pada diri sendiri.

Supangat mengajak semua siswa untuk menjauhi kelima hal tersebut agar senantiasa mendapatkan ridho dan barokah dari Allah SWT. Setelah itu dipaparkan pula mengenai sejarah Isra’ dan Mi’raj. Baik maknanya sekaligus peristiwa berharga pada saat Nabi Muhammad Saw menerima perintah dari Allah yang pertama kali untuk menunaikan ibadah wajib bagi umat Islam, yaitu sholat.

“Semoga dengan menyimak tausiyah pada hari ini, para siswa semuanya dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, yang lebih Sholih, dan semakin giat beribadah kepada Allah SWT,” ungkap Supangat kepada tim Humas MTsN 2 Bantul. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.