17 Mei 2022
GTK MTsN 2 Bantul lakukan Muqadaman Al Qur’an. (dok: nfa)

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Isra’ Mi’raj merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Pasalnya peristiwa ini diperingati untuk mengenang perjuangan Nabi Muhammad Saw ketika menerima perintah untuk sholat lima waktu, yang menjadi kewajiban dari umat Islam. Pada tahun 2021 ini peristiwa Isra’Mi’raj jatuh pada tanggal 11 Maret 2021.

Tim Keagamaan MTsN 2 Bantul sepakat untuk mengadakan peringatan Hari Isra’Mi’raj secara daring, yaitu live streaming Channel YouTube MTsN 2 Bantul. Meskipun tidak dilaksanakan tepat pada tanggal itu, madrasah ingin mengabadikan moment itu untuk pembelajaran bagi para peserta didik di rumah. Salah satu rangkaian acara yang dilaksanakan yaitu Muqaddaman.

Muqadaman merupakan salah satu kegiatan membaca Al Qur’an bersama seperti tadarus Al-Qur’an. Hanya saja dalam Muqadaman ini, masing-masing GTK MTsN 2 Bantul mendapatkan jatah juz sendiri yang harus dibaca sehingga dalam satu waktu dapat terselesaikan bacaan Al Quran 30 juz. Kegiatan Muqadaman berlangsung kurang lebih 45 menit dan dilanjutkan dengan doa khotmil Qur’an oleh H. Supangat, M. Pd.I.

Kegiatan Muqadaman tersebut ditayangkan langsung melalui channel YouTube’MTsN 2 Bantul’ agar disaksikan oleh para siswa di rumah. Para siswa di rumah juga diminta untuk berpartisipasi dengan membaca juz 30 sekaligus untuk melatih hafalan juz 30 mereka.

“Alhamdulillah respon siswa cukup bagus, ada kurang lebih 160an siswa yang stay di channel YouTube MTsN 2 Bantul melihat streaming peringatan Isra Mi’raj ini. Saya yakin semua siswa bisa memantau dari rumah secara aktif meski silih berganti loginnya,” ungkap Isnan Rosyid, S.Pd. selaku koordinator acara.

Madrasah berharap dengan kegiatan Muqadaman tersebut dapat semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan warga MTsN 2 Bantul untuk senantiasa mengagungkan dan mengamalkan Al Qur’an. Selain itu Madrasah berharap para siswa dapat mengikuti rangkaian acara peringatan Hari Isra’Mi’raj dari awal hingga selesai. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.