25 September 2022
GTK MTsN 2 Bantul Peragakan Sholat Satu Rokaat untuk siswa. (dok: yis)
GTK MTsN 2 Bantul Peragakan Sholat Satu Rokaat untuk siswa. (dok: yis)Bantul (MTsN 2 Bantul) – 27 Rajab diperingati sebagai hari Isra’Mi’raj. Pada tahun 2021 ini, tanggal 27 Rajab jatuh pada hari Kamis, 11 Maret 2021. Meskipun tidak bisa melaksanakan peringatan hari Isra’Mi’raj tepat waktu, Tim keagamaan MTsN 2 Bantul bertekad untuk tetap melaksanakan peringatan Hari Isra’Mi’raj tahun 2021 secara daring, yaitu melalui live streaming Channel YouTube MTsN 2 Bantul.
Siswa MTsN 2 Bantul mengaku senang dapat melihat peringatan hari Isra’Mi’raj MTsN 2 Bantul secara online. Mereka lebih senang lagi manakala salah satu rangkaian acara peringatan Hari Isra’Mi’raj tersebut adalah peragaan sholat satu Rokaat yang dilakukan oleh Guru dan Tenaga Kependidikan MTsN 2 Bantul. 
Isra’Mi’raj adalah peristiwa dimana Nabi Muhammad Saw melakukan perjalanan jauh namun singkat dengan mengendarai hewan buraq dari masjid suci Masjidil Haram di Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem (Isra). Sementara Miraj berarti perjalanan Nabi Muhammad SAW naik ke surga untuk menerima perintah Allah SWT agar umat Islam melaksanakan ibadah sholat.
Hal inilah yang menjadikan MTsN 2 Bantul mengadakan peragaan sholat satu rokaat dalam peringatan Hari Isra’Mi’raj tahun ini. Selain sebagai rasa syukur atas perintah sholat yang menjadi amalan utama umat Islam, juga sebagai media pembelajaran daring bagi siswa akan pentingnya shalat, juga memberikan contoh kepada siswa tentang rukun dan bacaan sholat yang benar.
“Shalat adalah tiang agama, amalan ibadah yang wajib dan utama, yang menjadi syarat diterima atau tidaknya amal ibadah seorang muslim di Yaumil akhir kelak. Jadi semoga peragaan sholat secara live streaming ini, bisa digunakan untuk bahan pembelajaran siswa di rumah, agar lebih baik lagi sholatnya.” Ujar Ahmad Daris, selaku imam atau pemandu dalam peragaan sholat tersebut.
Setelah peragaan sholat satu rokaat, kegiatan peringatan Hari Isra’Mi’raj MTsN 2 Bantul berlanjut dengan kegiatan Muqadaman, sholawat berjanji, dan tausyiah. Hingga Kamis (25/3) ini konten live streaming peringatan Hari Isra’Mi’raj MTsN 2 Bantul telah mencapai 2 ribu viewers. Harapannya, semoga menambah keberkahan bagi madrasah pada khususnya dan para  penonton pada umumnya. Aamiin. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.