16 Mei 2022
Bedah SKL ASPD mapel Bahasa Indonesia Kabupaten Bantul. (yis)

Bantul (MTsN 2 Bantul)– Meskipun pemerintah telah menghapus Ujian Nasional, akan tetapi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY akan menyelenggarakan Asesmen Standar Pendidikan Daerah (ASPD) tahun 2020/2021 untuk siswa kelas IX jenjang SMP/MTs. ASPD ini berbeda dengan Ujian Nasional. ASPD tidak menentukan kelulusan. ASPD diadakan untuk memetakan mutu pendidikan di DIY dan mungkin juga dapat dijadikan sebagai salah satu aspek seleksi SMA/SMK negeri di Yogyakarta.

Oleh sebab itu, MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Bantul, menyelenggarakan Bedah SKL materi ASPD tahun 2020/2021. Dengan menghadirkan perwakilan dari guru bahasa Indonesia di seluruh SMP dan MTs di Kabupaten Bantul, diharapkan kegiatan bedah SKL ini dapat dijadikan pedoman bagi guru untuk mengajarkan materi yang dibutuhkan oleh siswa dalam menghasilkan ASPD.

Dalam kegiatan bedah SKL Bahasa Indonesia tersebut, MTsN 2 Bantul menghadirkan Yulian Istiqomah, selaku guru Bahasa Indonesia kelas IX. Kegiatan yang berlangsung pada hari Selasa (9/3) tersebut menghadirkan Kepala Seksi Pendidikan Dasar dan Menengah Dindikpora Kabupaten Bantul, Retno Yuli. Selain itu, sebagai pemateri utama dihadirkan Hardjana, yang juga selaku salah satu anggota tim penulis soal ASPD bahasa Indonesia DIY.

Acara yang disponsori oleh CV. Media Prestasi ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 08.30 sampai pukul 10.45 dan sesi kedua berlangsung pukul 11.00 hingga pukul 13.00. Kegiatan diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Sambutan Ketua MGMP Bahasa Indonesia, sambutan Kasi Dikpora Kabupaten Bantul, pemaparan materi bedah SKLl, dan diakhiri dengan penutup.

“Kegiatan bedah SKL ini dapat memantik semangat guru, saya khususnya, dalam memberikan pembekalan pada siswa hingga menjelang diselenggarakan ASPD pada tanggal 5-8 April 2021 nanti,” ungkap Yulian Istiqomah saat menghadiri acara tersebut di SMPN 1 Bantul.

Menyusul kegiatan yang sama ada juga bedah SKL ASPD untuk mata pelajaran IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. MTsN 2 Bantul berharap semua guru mapel yang ditunjuk dapat mengikuti kegiatan bedah SKL dengan baik, agar dapat meningkatkan wawasan guru mapel ASPD. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.