25 September 2022

Screenshot Tilawah Online Guru dan Tendik MTsN 2 Bantul. (dok:yis)

 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Di era pandemi covid-19 yang kian merebak saat ini, meningkatkan imunitas tubuh sangat penting. Oleh sebab itu, berbagai upaya untuk meningkatkan imun perlu dilakukan, di samping juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat ketika Work Form Office (WFO).

Salah satu upaya yang dilakukan oleh guru dan tenaga kependidikan MTsN 2 Bantul adalah dengan menggelorakan semangat bertilawah. Mereka meyakini bahwa bacaan Al Qur’an adalah stimulus terbaik untuk meningkatkan imun tubuh. Membaca Al Qur’an diyakini sebagai upaya menenangkan hati dan pikiran, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rasa bahagia. Selain itu Al Qur’an yang dibaca dengan frekuensi tertentu membuat sel-sel dalam tubuh melawan penyakit yang berbahaya.

Kegiatan Matsandaba bertilawah ini telah dirintis sejak awal pandemi covid-19, yaitu pada bulan Mei 2020. Kegiatan Matsandaba bertilawah semakin gencar lagi dilakukan seiring dengan meningkatnya kasus covid-19. Hingga saat ini, kegiatan Matsandaba bertilawah telah khatam Al-Qur’an sebanyak 16 kali dan nemasukiemasuki tahap khatam ke-17.

Secara teknis, para guru dan tendik MTsN 2 Bantul yang tergabung dalam grup WhatsApp Ta’aruf Matsandaba memilih 1 juz yang ingin dibaca dengan menuliskan nama pada nomor juz yang diinginkan. Satu nama satu juz, tujuannya agar lebih banyak lagi yang turut berpartisipasi membaca Al Qur’an. Tidak ada target batasan hari, namun rata-rata dapat khatam antara 7 hingga 14 hari.

“Tidak hanya untuk meningkatkan imun, semoga saja kegiatan positif seperti Matsandaba bertilawah ini juga dapat membawa berkah bagi para guru dan tendik yang terlibat pada khususnya dan untuk MTsN 2 Bantul pada umumnya,” ungkap H. Supangat, M.Pd.I, selaku koordinator kegiatan Matsandaba bertilawah. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.