16 Mei 2022

Mugiyanta, M.Pd. selaku Sekretaris MGMP PPKn (kiri) duduk disamping Kepala MTs Al Furqon, Zainuri, S.Pd.MSI. (tengah), dan Koordintor MGMP PPKn H.Suhadi, M.Pd. (kanan). (Dok. Siwi Kusrahayuni, S.Pd.)

 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Peningkatan kemampuan dalam berbagai hal merupakan suatu keharusan bagi setiap guru. Hal ini untuk menyikapi perkembangan zaman yang sangat pesat. Salah satu peningkatan kemampuan yang harus dimiliki guru adalah membuat media pembelajaran berupa video. Kemampuan membuat media pembelajaran merupakan tuntutan guru yang tertuang dalam aturan Penilaian Kegiatan Berkelanjutan (PKB) dimana pembuatan media pembelajaran menjadi salah satu poin penilaian guru.

Menanggapi tuntutan tersebut, 2 guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) MTsN 2 Bantul Siwi Kusrahayuni, S.Pd. dan Mugiyanta, M.Pd. mengikuti kegiatan workshop pembuatan media pembelajaran berbasis video. Kegiatan digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn Madrasah Tsanawiyah (MTs). Kegiatan dihadiri Kepala MTs Al Furqon Sanden, Zainuri, S.Pd.MSI, Koordinator MGMP PPKn, H. Suhadi, M.Pd. dan diikuti seluruh guru PPKn MTs Negeri dan Swasta se-Kabupaten Bantul. Kegiatan dengan tujuan untuk membuat siswa lebih mudah menerima pembelajaran dengan media yang dibuat dan agar guru memiliki ketrampilan dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) tersebut dilaksanakan di MTs Al Furqon Sanden Bantul berdurasi 32 jam pelajaran selama total 4 hari dengan rincian 2 hari tatap muka yaitu Senin (2/11) dan Selasa (3/11) dilanjutkan 2 hari kegiatan praktek.

Wisnu Wardoyo, M.Pd. selaku pemateri menyampaikan cara dan langkah membuat media pembelajaran dengan aplikasi Kinemaster.

 

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars madrasah, dan pembacaan 5 Nilai Budaya Kerja. Zainuri dalam sambutan menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada semua peserta telah berkenan hadir di kegiatan workshop yang diselenggarakan di madrasah yang dipimpinnya. Workshop tersebut didanai dengan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dari Pemerintah Kabupaten Bantul tahun anggaran 2020. Zainuri mengajak seluruh peserta untuk selalu meningkatkan kemampuan dan kualitas dalam mengajar serta selalu hidup sederhana. Ia membuka workshop dengan membaca basmalah bersama.

Beberapa peserta workshop pembuatan media pembelajaran di MTs Al Furqon Sanden Bantul.

 

Sementara Wisnu Wardoyo, M.Pd. selaku pemateri menyampaikan cara dan langkah membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi kinemaster. Beberapa langkah dalam membuat media tersebut adalah mennyiapkan materi ajar, pengambilan gambar, audio, video, audio-video, dan file presentasi dalam powerpoint. Salah satu guru PPKn MTsN 2 Bantul sekaligus sekretaris MGMP PPKn Mugiyanta ditemui usai pelaksanaan workshop menyampaikan rasa gembira dengan pelaksanaan workshop tersebut. Kegiatan tersebut akan sangat membantu guru dalam menyusun media pembelajaran berbentuk video yang sangat berguna untuk digunakan dalam pembelajaran di masa pendemi covid-19 ini (jkp).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.