16 Mei 2022

Echa, Jannah, dan Satria selaku peserta KSMO MTsN 2 Bantul siap mengikuti kompetisi di LAB TIK MTsN 2 Bantul. (Dok. Lutfiatul Khasanah, S.Pd.).

 

Bantul (MTsN 2 Bantul) –Kementerian Agama Republik Indonesia kembali menggelar ajang bergengsi tahuan untuk siswa madrasah yakni Kompetisi Sains Madrasah (KSM). Kompetensi yang digagas oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan Madrasah ini diperuntukkan bagi siswa madrasah khususnya Madrasah Tsanawiyah (MTs) untuk membangun ghirah atau semangat sains di kalangan siswa madrasah. Tahun ini kegiatan dilaksanakan secara online karena masa pandemi sehingga nama kegiatan berubah menjadi KSM online (KSMO). Kegiatan dilaksanakan dengan tahapan seleksi mulai dari madrasah, provinsi, dan nasional.

Kegiatan pembukaan KSMO tingkat DIY baru saja dilaksanakan hari ini, Sabtu (31/10) di MAN 2 Bantul mulai pukul 08.00 – 09.00 WIB dan pelaksanaan KSMO mulai pukul 09.00 – 10.30 WIB diikuti siswa perwakilan MTs Negeri dan Swasta di wilayah DIY. Pelaksanaan KSMO oleh madrasah dilaksanakan di madrasah masing – masing. Kompetisi tingkat DIY tahun ini mengambil tema ‘Memperteguh Akhlak Mulia, Kreatif, Inovatif, Berwawasan Kebangsaan, Cerdas, Sehat, Disiplin, serta Menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi’. Sebanyak 25 soal pilihan ganda (multiple choice) dengan materi hitungan dipadu dengan ilmu agama yang terdapat dalam Al Qur’an beserta arti dan urutan surat diujikan kepada semua peserta.

Kegiatan pembukaan dilaksanakan secara online melalui channel youtube dihadiri oleh Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) DIY, H. Muntholib, S.Ag. MSI selaku Kepala Bidang Pendidikan Madrasah (Kabid Dikmad) Kanwil Kemenag DIY, Anita Isdarmini, S.Pd.M.Hum selaku Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Abdul Su’ud, S.Ag. MSI selaku Kepala Seksi Guru Kanwil Kemenag DIY, H. Nur Huda S.Ag.M.Sc. selaku Kepala Seksi Kelembagaan Kanwil Kemenag DIY, Basuki Alwi, S.Ag.MA selaku Kepala Sub Bagian TU Kantor Kementarian Agama Kabupaten (Kankmenag) Bantul, Jauhar Mukhlis Sulistyanta, S.Ag. selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kankemenag Bantul, dan Kelompok Kepala Madrasah Ibtidaiyyah (K2MI), K2 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan K2 Madrasah Aliyah (MA).

MTsN 2 Bantul mengirimkan 3 siswa terbaiknya tahun ini. Mereka adalah Miftakhul Jannah (Ilmu Pengetahuan Alam/IPA), Echa Shafa Ramadhani (matematika/Mtk), dan Satria Nugroho (Ilmu Pengetahuan Sosial /IPS). Ketiga siswa dibimbing oleh Dra. Muji Rahayu (IPA), Dina Septiarini, S.Pd. (Mtk), dan Sri Hidayati, S.Pd. (IPS). Pembimbingan dilakukan sejak sebulan yang lalu dengan materi soal sesuai dengan kisi – kisi yang diberikan.

Kepala MTsN 2 Bantul Musa Surahman, S.Ag. berharap Echa, Jannah, dan Satria mampu lolos di tingkat DIY dan bisa meraih juara tingkat nasional. “Kami berharap ketiga siswa selaku duta madrasah mampu membawa nama baik madrasah di tahap ini (DIY) maupun tingkat nasional” harap Musa. Sementara Muji Rahayu, Dina Septiarini, dan Sri Hidayati selaku pembimbing merasa cukup optimis melihat potensi yang dimiliki ketiga siswa. “Meski cukup berat karena Echa masih kelas VII, saya cukup optimis ia dapat lolos seleksi tingkat DIY ini” ungkap guru matematika yang baru diangkat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di MTsN 2 Bantul ini (jkp).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.