26 September 2022

Wakaur Kurikulum, Nurhadi, S.Ag. memberikan penjelasan terkait syarat kenaikan dan kelulusan di hadapan orangtua/wali siswa MTsN 2 Bantul, Sabtu (24/10).

 

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Dalam rangka sosialisasi ke orangtua/wali siswa kelas VII, VIII, dan IX,Wakil Kepala Madrasah Urusan (wakaur) Kurikulum MTsN 2 Bantul , Nurhadi, S.Ag. menyampaikan beberapa syarat kenaikan siswa kelas VII dan VIII serta kelulusan siswa kelas IX. Sosialisasi disampaikan Nurhadi di pertemuan orangtua/wali siswa di mushollah madraasah, Sabtu (24/10). Hadir pada pertemuan itu pengurus komite MTsN 2 Bantul, Sawaldi dan ketua paguyuban orangtua (POT), Bintoro.

Menurut Nurhadi, syarat kenaikan dan kelulusan ditentukan 2 hal yaitu nilai akademis dan non akademis berupa sikap dan kepribadian. Untuk nilai akademis, diantaranya nilai siswa untuk mata pelajaran fiqih, akidah akhlak, tahfidz harus minimal atau diatas nilai ketuntasan minimal (KKM). Selain itu, siswa harus tidak memiliki nilai dibawah KKM (rata-rata 75) diatas 3 mata pelajaran selain mata pelajaran tersebut diatas.

Pada nilai non akademis, syarat yang digunakan diantaranya ketidakhadiran tanpa keterangan (alpa) maksimal 14x, terlambat masuk tanpa keterangan maksimal 6x, tidak terlibat narkoba, dan skor pelanggaran siswa tidak lebih dari 150. “Beberapa syarat tersebut akan digunakan guru dalam menentukan kenaikan maupun kelulusan melalui forum rapat. Pemberlakuannya tiap 1 tahun.” jelas Nurhadi.

Musa Surahman ditemui di tempat terpisah menyatakan beberapa syarat tersebut disampaikan ke hadapan orangtua/wali siswa agar mereka juga mengetahui dan memahami. “Kami berharap para orangtua/wali siswa juga tahu dan paham akan syarat – syarat kenaikan atau kelulusan sehingga ikut memberi perhatian lebih kepada putra – putri mereka agar tidak mencapai atau melebihi batas yang telah ditentukan madrasah” ungkap Musa. Orangtua/wali siswa yang hadir pada pertemuan tersebut bisa menerima dan sanggup menjalankan semua persyaratan yang ada baik syarat yang ditentukan untuk mereka maupun putra – putri mereka (jkp).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.