17 Mei 2022

Bantul (MTsN 2 Bantul) – Bait demi bait puisi berjudul The Sea karya Syamsu Setiaji dibaca oleh Putri Nur’aini. Dara kelas VIII kelahiran 10 Agustus tersebut sesekali mengangkat tangan untuk mengekspresikan kata – kata yang ada dalam puisi. Setiap kata dan gerakan tangan Putri selalu diamati oleh guru pembimbing Hj. Martini, S.Pd. Arahan teknik pengambilan nafas, pengaturan intonasi suara dan penjiwaan dari Martini membuat Putri semakin tampil baik dalam sesi latihan Jum’at (25/9).

Putri mulai latihan rutin pekan ini jelang perekaman video pekan depan untuk ambil bagian dalam ajang bergengsi English Poetry Reading Competition atau Kompetisi Baca Puisi dalam Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh MGMP Bahasa Inggris SMP. Kompetisi dengan hadiah utama piagam penghargaan, thropy dan uang pembinaan ini menggunakan sistem pengiriman video penampilan asli peserta kepada panitia. Batas akhir pengiriman video adalah Kamis (15/10). Pembacaan puisi peserta direkam dalam video, tanpa musik, wajah pembaca harus jelas dan bukan video suasana atau pemandangan yang diisi suara. Selanjutnya panitia akan mengupload seluruh video peserta kompetisi di channel youtube MGMP.

Menurut petunjuk dan teknis dari panitia, kriteria yang dinilai adalah penghayatan, vokal, dan penampilan. Ketiga kriteria tersebut memiliki bobot penilaian sebesar 75% dan 25% sisanya ditentukan oleh jumlah like video peserta di channel youtube MGMP. Selain The Sea, peserta dapat memilih puisi lainnya yaitu Ah, Are You Digging on My Grave? karya Thomas Hardy atau The Road Not Taken karya Robert Frost.

Kepala MTsN 2 Bantul Musa Surahman, S.Ag. memberikan apresiasi tinggi atas semangat Putri dan Martini dalam latihan jelang pengambilan video pekan depan. Ia berharap Putri dapat mengharumkan nama MTsN 2 Bantul dengan menjadi salah satu dari tiga pembaca puisi terbaik di ajang tingkat Kabupaten Bantul tersebut (jkp).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.