26 September 2022

Bantul (MTsN 2 Bantul)–Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan, selain bulan Dzulhijjah, Dzulqa’dah, dan Rajab. Banyak keutamaan yang sebaiknya dilakukan oleh umat Islam di bulan yang mulia ini, yaitu memperbanyak puasa, bertaubat, bersedekah, dan beramal saleh. Di dalam bulan Muharram ini ada satu hari yang diagungkan, yaitu hari ‘asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharram. Salah satu tradisi yang terjadi di Indonesia adalah menyantuni anak yatim di hari ‘asyura, sehingga hari ‘asyura sering disebut sebagai hari rayanya anak yatim.

MTsN 2 Bantul pun demikian, tradisi yang baik ini telah dilakukan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2020 ini MTsN 2 Bantul mendata dan mengundang para siswa yang yatim dan atau piatu untuk diberikan bimbingan dan motivasi di madrasah. Sebanyak 27 siswa pun berhasil dikumpulkan di laboratorium agama atau musholla MTsN 2 Bantul beberapa waktu lalu.

“Bimbingan dan motivasi belajar telah kami berikan kepada para siswa yatim dan atau piatu di bulan yang istimewa ini, semoga membawa keberkahan bagi semua,” ungkap Kepala Madrasah, Musa Surahman.

Selain bimbingan dan motivasi belajar, para siswa ini juga diberikan santunan. Santunan berasal dari sedekah dan infaq bulanan bapak ibu guru pegawai MTsN 2 Bantul yang dikelola oleh tim keagamaan MTsN 2 Bantul. Wiwik Muslimatun, bendahara tim keagamaan mengaku bersyukur dapat turut serta mengelola kegiatan mulia ini. Ia berharap santunan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh siswa di era pandemic covid-19 ini. (yis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.