16 Mei 2022

Belajar di rumah atau yang biasa disebut learn at home, beberapa bulan terakhir ini menjadi pilihan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Para siswa, orang tua, dan guru pun harus mampu belajar IT dengan cepat untuk segera menemukan metode atau aplikasi belajar yang dipandang tepat untuk proses pembelajaran daring. Berbagai aplikasi pun bermunculan dan digunakan oleh guru secara bergantian tergantung pembahasan atau penilaian yang ingin dilakukan.

Sejak diluncurkannya aplikasi e-learning oleh kementerian agama, MTsN 2 Bantul bergerak cepat untuk mempelajari dan mengolah aplikasi e-learning setelah mendapatkan akun untuk madrasah. Admin MTsN 2 Bantul pun segera menginput berbagai data yang diperlukan seperti data guru dan siswa agar masing-masing mendapatkan akun dan dapat mengakses E-learning.

Kini, baik siswa maupun guru sudah mengenal dan dapat mengoperasikan e-learning melalui laptop atau android masing-masing. Berbagai tes pengetahuan, keterampilan, dan CBT pun diberikan oleh guru melalui aplikasi tersebut sekaligus melatih siswa agar mandiri dalam belajar.

Mulai tanggal 4 Juni hingga 12 Juni 2020, para siswa MTsN 2 Bantul tertib mengikuti PAT online melalui aplikasi E-learning. Mereka tinggal mengikuti prosedur dalam flyer yang dibagikan oleh Tim PAT MTsN 2 Bantul, lalu dengan teliti mengerjakan, juga tidak lupa untuk mengeklik tombol selesaikan ujian, maka skor sudah dapat mereka lihat.

“Saya merasa senang dengan PAT Online ini daripada yang offline. Karena sangat mudah untuk mengerjakan dengan E-learning dan bisa lebih konsentrasi dalam mengerjakan. Tidak terganggu oleh siswa lain yang kadang tidak tertib saat ujian offline,” ungkap Egiska yang dengan tertib mengerjakan PAT dengan sesekali berseragam.

Setelah selama 3 bulan belajar di rumah, siswa sudah merasa rindu berseragam dan berangkat ke madrasah, berbagai ekspresi pun diutarakan oleh siswa. Meskipun mengerjakan dari rumah, madrasah tetap menghimbau pada siswa dan orang tua siswa agar siswa tertib dan disiplin dalam mengerjakan. Tertib artinya menjaga karakter jujur siswa dan disiplin artinya berusaha mengerjakan tepat waktu sesuai jadwal yang telah diedarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.