26 September 2022

Kurikulum merupakan seperangkat acuan yang berisi tujuan, isi, bahan pelajaran, serta cara atau metode yang dipergunakan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum disusun berdasarkan visi, misi, dan tujuan madrasah. Dalam hal ini MTsN 2 Bantul juga telah menyusun draft KTSP untuk Tahun Pelajaran 2020/2021 berdasarkan berbagai dasar pertimbangan. Dan sebelum digunakan secara resmi, kurikulum MTsN 2 Bantul ini perlu diuji-publikkan.

Uji publik diselenggarakan pada Rabu, 10 Juni 2020 dan  dihadiri oleh  Kasi Kurikulum Kanwil Kemenag DIY (Anita Isdarmini, M.Hum), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul (H. Aidi Johansyah, S.Ag., MM), Kasi Dikmad Kemenag Bantul (Drs. Jauhar Mukhlis Sulistyanta), pengawas madrasah (Dra. Hj. Ening Yuni Soleh Astuti, MA), komite madrasah, dan guru pegawai MTsN 2 Bantul yang keseluruhan berjumlah 40 peserta. Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka acara ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Acara dimulai pada pukul 9, diawali dengan pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pengucapan 5 nilai budaya kerja kementerian agama. Dilanjutkan dengan sambutan kepala madrasah, kemudian penyampaian materi kebijakan Kementerian Agama kab. Bantul. Setelah itu, Review KTSP dilanjutkan dengan tanggapan dari Kasi Dikmad dan pengawas. Kemudian diakhiri dengan doa, lain-lain, dan penutup.

“Ada masukan-masukan dari para narasumber, tentunya itu dapat menyempurnakan draft KTSP kita menjadi lebih baik lagi,” ungkap Waka kurikulum MTsN 2 Bantul, Nurhadi.

Kepala MTsN 2 Bantul, Musa Surahman, juga menyampaikan bahwa draft ini nantinya masih akan disempurnakan lagi bersama tim pengembang madrasah, sehingga siap untuk digunakan dalam pembelajaran selama satu tahun ke depan. Madrasah berusaha menampung semua ide yang membangun bagi kemajuan madrasah. Sementara itu, komite madrasah, turut mengapresiasi pelaksanaan uji publik KTSP tersebut dapat berjalan lancar, dan tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19.

Dan berikut ini beberapa dokumen foto kegiatan uji publik tersebut:

Kepala Madrasah memberikan sambutan

 

Jajaran komite madrasah bersama bapak ibu guru

 

Foto bersama Komite dan Kasi Dikmad

 

Foto bersama II

 

Kakan Kemenag memberikan sambutan

Para peserta uji publik dengan protokol kesehatan

 

Menyanyikan lagu Indonesia Raya

Sambutan Kepala Madrasah

 

Pakar Pendidikan sekaligus Kasi Kurikulum Kanwil Kemenag DIY, menyampaikan Review

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.