25 September 2022

Di bulan Ramadhan, menyampaikan kebaikan merupakan salah satu ibadah yang dapat mendatangkan pahala berlipat ganda. Misalnya saja syiar tentang ilmu-ilmu agama seperti fiqih Islam, Sejarah Islam, juga kandungan atau penggalan Al Qur’an dan hadist. Apalagi di era Industri 4.0 ini. Teknologi, khususnya pemakaian internet melalui Android menjadi salah satu hal yang sudah menjadi kebutuhan primer, bukan lagi sekunder. 

contoh salah satu flyer PPDB Online

Di era pandemi covid-19, banyak kegiatan yang telah lama terprogram menjadi tidak terlaksana atau terkendala. Hal ini disebabkan adanya aturan dari pemerintah pusat untuk bekerja dan belajar dari rumah guna memutus rantai penyebaran virus Corona yang berbahaya. Para siswa dan guru dirumahkan dan harus berupaya untuk tetap memenuhi kegiatan belajar mengajar dari rumah. 

Tak hanya kegiatan belajar mengajar, kegiatan penunjang seperti kegiatan ujian dan kegiatan tutup tahun menjadi tak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Kegalauan ini juga dihadapi hampir oleh semua lini masyarakat. Baik instansi pemerintah, swasta, maupun masyarakat sipil. Oleh karena itu, diskusi-diskusi online terus dilakukan untuk menemukan solusi. 

Di MTsN 2 Bantul, hampir semua tim work kebingungan memikirkan bagaimana kegiatan dapat berjalan secara lancar meski sederhana dengan tetap menjaga SOP  dari pemerintah. Tim PPDB MTsN 2 Bantul pun mengalami kendala yang cukup signifikan. Mereka tidak lagi dapat melakukan pendekatan dan promosi ke sekolah-sekolah SD/MI sekitar, kemudian berbalik arah mengubah segala prosedur penjaringan siswa secara online.

Salah satu dari langkah yang diambil adalah dengan syiar ODOH (one day one hadist). Admin membuat flyer sederhana dengan aplikasi di dalam android setiap hari yang berisi identitas madrasah, syiar hadist, dan informasi PPDB online. Maka setiap hari pula siswa, guru,  dan pegawai MTsN 2 Bantul mengunggah flyer tersebut ke media sosial masing-masing. Hal ini sudah bisa menjangkau lebih dari 250 bahkan ribuan viewer setiap harinya. Melebihi jumlah brosur yang mungkin mampu dicetak seperti PPDB offline.

“Kita mendapatkan pahala karena syiar hadist nabi dan sekaligus sebagai tanda kepedulian kita pada madrasah tercinta,” Ungkap Musa Surahman, kepala MTsN 2 Bantul.

Hadist yang dicantumkan adalah hadist hadist tentang kegiatan ibadah harian seperti sholat, baca Al Qur’an, bersuci, kebersihan, puasa, dan lain sebagainya. Hadist hadist tersebut diharapkan dapat menjadi pengingat dan penambah wawasan bagi para pembaca.

Tentu saja setiap langkah yang diambil ada kekurangan dan kelebihannya. Namun sikap positif thinking dan optimis harus terus dijaga agar energi untuk terus berupaya dapat terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.