17 Mei 2022

Merebaknya virus Corona atau Covid-19 di hampir seluruh wilayah di Indonesia, memaksa guru untuk melaksanakan program Work From Home (WFH) yang dicanangkan oleh pemerintah. Program WFH ini tentu diikuti oleh para siswanya dengan program Belajar dari Rumah (BDR). Efektif program ini dimulai pada tanggal 19 Maret 2020.

Meskipun tidak bisa tatap muka langsung dengan siswa, namun hal itu tidak mengurangi semangat bapak ibu guru untuk melaksanakan pembelajaran jarak jauh secara online. Ada banyak media yang bisa digunakan. Google Form, Google Classroom, E-Learning Madrasah, dll.

Sesuai arahan dari Kepala Madrasah, Musa Surahman, S.Ag, pada program BDR ini siswa jangan banyak diberi tugas yang sifatnya banyak berfikir, tapi juga diberi tugas  tentang kecakapan hidup/life skill yang nanti akan menghasilkan suatu produk. Sehingga siswa tidak hanya berkutat dengan buku atau gadgetnya untuk mengerjakan tugas, tapi juga ada aktifitas fisik yang akan mengasah otak kanannya juga.

Dan salah satu mapel yang menyambut tantangan itu adalah mapel SBK yang diampu oleh Ibu Siti Nurjannah. Beliau memberikan tugas kepada para siswanya untuk memanfaatkan limbah yang ada di rumahnya untuk dijadikan sebuah produk bebas, yang hasilnya nanti dikirimkan lewat foto.

Dan inilah sebagian hasilnya:

 

Bagus-bagus bukan? Ternyata para siswa ketika dibebaskan berkreasi, hasilnya di luar expektasi kita.

Lanjutkan !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.